Selasa, 03 Juni 2014

Pengertian Istilah Domain

Pengertian Istilah Domain - Mungkin banyak sekali yang masih belum paham dan mengerti tentang pengertian domain. Sebenarnya domain sendiri berkaitan erat dengan website, hosting dan DNS. Namun untuk saat ini kita akan coba sedikit bahas tentang pengertian istilah domain terlebih dahulu.

Pengertian Domain

Domain adalah sebuah nama yang terdiri dari abjad (a-z) dan angka (0-9) serta karakter khusus (-), digunakan untuk menamai alamat url website.

Jika kita coba melihat pengertian domain di situs wikipedia tidaklah jauh berbeda. Di sana dijelaskan, domain adalah  nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Alamat url sebuah website seharusnya berformat dalam bentuk beberapa baris angka yang unik atau sering kita sebut dengan IP. Akan tetapi karena manusia lebih mudah menghapal kata-kata daripada deretan angka maka dibuatlah domain dengan format tersebut. Teknologi yang digunakan untuk mentranslasi dari IP ke url tadi disebut dengan DNS.

Manfaat Domain

Sehingga dengan kata lain. banyak manfaat dari penggunaan domain ini antaralain:
  1. Kita tidak perlu menghapal deret angka IP yang berbeda-beda tiap website, sehingga dengan adanya domain ini mempermudah kita untuk mengingat.
  2. Mudah. Karena kita tidak perlu tahu alamat website untuk tiap website. Dalam satu website terkadang dia bisa memiliki 1-3 IP sendiri, dengan adanya domain ini mempermudah kita mengakses website tanpa perlu tahu berapa IP yang dimilikinya.
Untuk domain sendiri banyak sekali yang menjualnya dalam artian memberikan jasa registrasi domain. Namun tidak semua memberikan layanan yang baik. Misal kita mencari untuk tempat yang menyediakan jasa registrasi domain murah, maka bisa dipastikan tidak semua provider hosting bisa memberikan layanan itu. CloudMILD webhosting adalah salah satu tempat web hosting dan domain registration yang baik. Selain memberikan layanan domain yang murah, paket hostingnya pun tak kalah terjangkau untuk orang yang baru belajar website. Jadi jangan ragu lagi jika ingin membeli domain murah cukup ke CloudMILD webhosting.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar